Hantu Dkk dalam Khasanah Budaya Amerika

Posted on Februari 22, 2016

2


the-phantom-of-the-opera-the-phantom-of-the-opera-59081_1024_1489Tulisan ini untuk memenuhi permintaan seorang teman, yang ingin tahu apa saja jenis hantu yang ada di Amerika.

Orang Amerika percaya pada keberadaan hantu; seperti halnya mereka percaya pada UFO, Tuhan, surga-neraka, setan, malaikat, dan aneka fenomena paranormal lainnya. Prosentasenya berkisar antara 40-50%. Khusus untuk soal hantu dkk, ada studi yang menyebutkan, jumlahnya meningkat terutama pada tahun 1990-2001. Penyebabnya antara lain ditengarai, karena pada masa itu, tayangan materi bertema paranormal meningkat. Jadi ada pengaruh antara terbentuknya persepsi, dengan bombardir tayangan di media.

Hasil studi itu juga menunjukkan, tinggi rendahnya kepercayaan terhadap hantu dan aneka hal yang bersifat paranormal, terkait dengan tingkat pendidikan dan usia. Mereka yang tingkat pendidikannya lebih tinggi, dan yang usianya lebih muda, tidak terlalu percaya pada keberadaan hal seperti itu. Berbeda dengan mereka yang lebih tua, atau yang memiliki pendidikan di bawah strata sarjana.

Berikut ini adalah jenis hantu atau istilah yang dikenal dalam khasanah Amerika. Hampir semuanya saya terjemahkan dari blog ini, yang membahas tentang Types of Apparitions (Jenis-Jenis Penampakan). Yang selebihnya, saya ambil dari sumber lain di internet.

1.  PHANTOM. Kalau mendengar kata Phantom, pikiran saya langsung tertuju pada lagu The Phantom of The Opera. Lagunya bagus🙂 Nah, Phantom adalah istilah lain dari hantu. Merujuk kepada bayangan, atau sesuatu yang dirasakan namun tidak nampak secara fisik. Kadang-kadang, istilah Phantom juga digunakan dalam hal lain, misalnya: Phantom Power, Phantom Pain. Semuanya merujuk kepada hal yang dirasakan, namun tidak jelas atau tidak terlihat sumber dan bentuknya.

2. POLTERGEIST. Pernah mendengar atau mengalami sendiri, barang-barang di rumah bergerak, melayang, jatuh, atau terbanting tanpa sebab? Atau mungkin tiba-tiba ada yang mencakar dan melukai kita, tapi tidak terlihat siapa orangnya? Suara jeritan, tertawa, dan sejenisnya? Itulah yang disebut Poltergeist. Ini jenis penampakan yang paling agresif. Bentuknya bisa terlihat, bisa juga tidak.

3. DEMON. Ini sebutan untuk jenis ruh yang memiliki kekuatan luar biasa. Umumnya mereka menjalankan peran yang bersifat negatif. Termasuk diantaranya adalah Poltergeist, Jin, malaikat yang terbuang dari surga, Lucifer, roh jahat yang merasuki manusia, makhluk halus yang mengencani manusia saat tidur, Vampir. Kalau dalam film atau novel, kita bisa lihat pada film bertema exorcism, vampir, atau film lain di mana ada tokoh yang tiba-tiba matanya berubah. Dari normal, lalu saat kerasukan berubah hitam legam atau merah darah, hehehehe….

4. RESIDUAL. Ini jenis penampakan yang dipercaya berasal dari sisa-sisa energi para penghuni sebuah tempat sebelumnya. Umumnya mewujud dalam bentuk suara orang berjalan, tertawa, menangis, atau lainnya. Lokasi favorit biasanya adalah rumah, lorong, tangga. Mereka juga tidak mengganggu, hanya sekedar memproklamirkan keberadaannya dalam bentuk suara.

5. HANTU INTERAKTIF. Bukan hanya Medsos saja yang interaktif. Hantu pun demikian. Jenis hantu ini  bisa juga menggerakkan benda atau apapun, dengan tujuan untuk berkomunikasi kepada manusia. Ia bisa bandel, tapi tidak seagresif Poltergeist. Kadang-kadang ia berinteraksi dengan manusia dalam bentuk bisikan. Kalau kita nonton tayangan berburu hantu di tivi, dan ada suara yang terekam oleh kaset, itulah suara dari hantu interaktif ini.

6. BAYANGAN/SHADOW. Ini biasanya tidak jelas gendernya apa. Kadang terlihat seperti bayangan laki-laki, kadang seperti perempuan. Istilah Shadow digunakan untuk menyebut penampakan yang muncul di sudut ruangan, di balik semak dan pepohonan, menghilang di balik tembok dan tempat gelap, atau melayang. Kadang ia tampak seperti berjubah atau bertopi, dan kadang seperti asap. Umumnya, Shadow berbentuk bayangan gelap, yang menyukai tempat-tempat gelap pula. Ia bisa terlihat sedang memantau penghuni rumah/manusia dari belakang, kemudian beringsut pergi. Dan kadangkala, ia bermain dengan anak kecil. Anak-anak menyebut hantu ini sebagai teman mereka, dan orangtuanya mengira anaknya sedang bermain dengan teman khayalannya. Hantu ini dipercaya sebagai arwah orang yang masih tertinggal di bumi. Entah karena takut untuk menuju ke langit, atau karena ada alasan lain yang belum dituntaskannya.

7. CRISIS APPARITION. Ini untuk menyebut penampakan yang biasanya diasosiasikan dengan orang yang baru meninggal atau dalam kondisi sekarat. Banyak kejadian, di mana orang didatangi oleh seseorang, yang ternyata baru meninggal. Kalau di Indonesia, sering disebut dengan istilah roh yang sedang pamitan. Timingnya terjadi maksimal tiga hari, antara masa sekarat dengan saat sudah meninggal. Jadi kalau bikin cerita tentang penampakan orang yang baru meninggal, jangan kelamaan penampakannya, hehehehe…. Cukup dibikin tiga hari saja.

8. HANTU PELINDUNG/BENEVOLENT. Ini jenis hantu yang berperan sebagai pelindung, terutama di saat berbahaya atau jika ada serangan dari roh jahat. Biasanya diasosiasikan sebagai arwah dari orang yang mencintai kita. Misalnya dalam film kartun MULAN, ada hantu-hantu nenek moyangnya yang berperan sebagai pelindungnya.

9. MALEVOLENT. Ini termasuk jenis hantu yang destruktif, seperti halnya Poltergeist. Bedanya, Poltergeist membuat keributan atau kerusakan, dengan tujuan untuk menarik perhatian. Sedangkan hantu bertipe Malevolent, membuat kerusakan atau keributan, dengan tujuan menciderai orang yang kebetulan berada di tempatnya. Ia dipercaya sebagai ruh orang yang berhati jahat, dan suka melihat orang lain menderita. Kadang ia tidak melakukan kerusakan langsung, namun mempengaruhi pikiran orang yang menjadi targetnya, sehingga orang itu berubah menjadi pemarah dan penuh dengan pikiran negatif. Hantu Malevolent akan lebih berbahaya dan ganas, jika kebetulan di tempat tersebut pernah ada kejadian pembunuhan.

10. ORBS. Orbs adalah bentuk penampakan energi berupa bola, yang biasanya nampak dalam foto. Jika kita kebetulan memotret sebuah tempat remang atau malam hari, dan nampak ada titik-titik bola melayang, itulah yang disebut Orbs. Orang percaya bahwa Orbs adalah jelmaan dari roh manusia. Namun sebagian lagi mempercayai, Orbs tidak lebih dari refleksi partikel debu yang tertangkap lensa kamera.

11. DOPPELGANGER. Istilah ini berasal dari bahasa Jerman “Doppelgaenger” yang secara sederhana, artinya adalah kembaran. Doppelganger berwujud sama dengan kita, sehingga membuat orang lain yang kebetulan melihat, akan mengira itulah kita. Karakternya biasanya berlawanan, dan mengambil peran jahat. Jadi seumpama orangnya manis dan pendiam, maka hantu doppelgangernya berwujud kebalikannya, yakni bandel dan suka membuat keributan. Ada Doppelganger yang berwujud manusia, artinya kebetulan mirip wajahnya dengan kita. Ada pula yang berupa makhluk halus.Pertemuan dengan hantu Doppelganger, dipercaya sebagai isyarat buruk atau kematian. Ada sejumlah peristiwa, di mana setelah seseorang bertemu dengan hantu Doppelgangernya, ia mendapat musibah besar. Misalnya, Presiden AS Abraham Lincoln, yang konon pernah berhadapan muka dengan sang hantu, sebelum akhirnya ia tewas terbunuh.

Itulah sejumlah jenis hantu yang ada dalam khasanah masyarakat Amerika.

******